Sabtu, 02 April 2011

Timnas Bidik Pelatih Baru

image Alfred Riedl
Badan Tim Nasional (BTN), membidik pelatih anyar guna mendampingi Alfred Riedl meramu timnas U-23 mengahadapi SEA Games dan timnas senior jelang Kualifikasi Piala dunia 2014. Rahmad Darmawan dan Jacksen Tiago, menjadi kandidat pilihan.  

“Karena pelatnas timnas senior dan U-23 bersamaan, kemungkinan besar kami perlukan asisten pelatih untuk membantu Alfred menangani dua tim sekaligus,” ujar deputi Bidang teknis, Iman Arif, kepada Bolanews.com, Jumat (1/4).

Iman mengatakan, pelatih klub Persija Jakarta, Rahmad Darmawan dan pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago menjadi pilihan. “Kemungkinan kami akan menghubungi RD (Rahmad Darmawan) dan Jacksen. Mereka pelatih bagus.”

“Saat ini, saya belum mengontak mereka. Saya akan hubungi jika waktunya sudah tepat. Soalnya, mereka harus fokus dulu membawa klubnya mengarungi kompetisi Liga Super Indonesia. Saya rasa bulan Juli mendatang, waktu yang tepat,” tambah Iman.

Lowongan yang dibuka, bukan untuk menggeser asisten pelatih yang sudah ada. Iman menjelaskan, Wolfgang Pikal tetap membantu Alfred. “Ini penambahan. Karena harus ada dua tim yang ditangani secara bersamaan.”

Menjawab pertanyaan, jika RD atau Jacksen bersedia, apakah mereka akan menangani tim junior (U-23)? Iman mengaku belum tahu soal itu. Semua keputusan tergantung Alfred. “Beliau yang memberikan penilaian.” 

“Kami harus koordinasi dengan pelatih kepala. Mana yang cocok sama karakter beliau. Setelah itu, baru kami putuskan,” pungkas Iman.

Sementara itu, ketika ditanyakan wartawan mengenai pencalonan dirinya, RD mengatakan, dirinya kerap menjadi kandidat pelatih timnas. Kapan pun diminta, demi membela Merah-Putih, RD menyatakan siap.

“Ini bukan pertama kalinya saya dicalonkan. Jadi kabar seperti ini sudah tidak asing lagi bagi saya. Saya sudah sering dicalonkan mulai dari zamannya [Sergei] Dubrovin, [Ivan] Kolev, dan Benny Dollo,” ujar RD dalam jumpa pers Persija kontra Persipura, kemarin, di Senayan.

“Saya selalu siap bila diminta menjadi asisten pelatih. Apapun akan saya lakukan demi kemajuan tim nasional,” jelas RD.
Sedangkan Jacksen, menyerahkan semuanya kepada jalan yang Tuhan berikan. "Sebagai orang asing yang bekerja di Indonesia, saya sangat bangga jika diberi kepercayaan menangani timnas. Semua saya serahkan kepada Tuhan. Jika Tuhan berkenan, maka saya siap. Namun, BTN harus menghubungi klub Persipura, karena saya juga harus hormati keputusan klub."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar